Memutuskan Untuk Berpisah

By  |  0 Comments

Tidak ada seorang pun yang suka dengan perpisahan, dan mengakhiri suatu hubungan. Bagaimana Anda bisa tahu jika keputusan yang anda pilih itu tepat? Entah kapan, di mana, dan bagaimana untuk memutuskan untuk berpisah ini bisa membuat anda stres dan sulit untuk dihindari. Tetapi mengakhiri asmara yang buruk dapat menciptakan peluang baru, membebaskan Anda dari sumber stres, dan ketegangan dalam hidup Anda.

Anda perlu membedakan masalah sederhana dalam suatu hubungan yang dapat diatasi dengan mudah dan masalah serius antara anda dan pasangan mengenai “pelanggaran kesepakatan.”

Jika  salah satu pasangan selalu melanggar kesepakatan, dan tidak bisa berubah, kemudian anda memutuskan untuk mengakhiri hubungan, itu harus dianggap sebagai sebuah deal breaker.

Setiap pasangan memiliki pertengkaran, tetapi jika hal itu adalah pertengkaran yang konstan dan buruk, mungkin ini menunjukkan masalah kalian yang lebih dalam dan adanya ketidakcocokan. Jika argumen selalu berubah pribadi dan selalu menjadi pemicu pertengkaran, pertimbangkan ini sebagai deal breaker.  Dan setiap pertarungan fisik harus dianggap sebagai deal breaker. Jika Anda berada di sebuah hubungan emosional atau hubungan fisik yang berbahaya, Anda harus mengakhirinya dengan cepat.

Putuskan apakah perilaku buruk pasangan bisa berubah atau tidak.

Jika Anda hanya marah dengan pasangan Anda, pertimbangkan berbicara tentang apa yang membuat anda sangat kesal pertama kali. Sangat penting untuk fokus menyelesaikan suatu masalah, daripada mengakhiri hubungan sebagai solusi pertama. Jika perubahan adalah sebuah pilihan, maka putuskan apakah pasangan anda bersedia untuk berubah dan mampu berubah.

Jika masalah tersebut telah dibahas kemudian tidak ada perubahan yang lebih baik, dan anda tetap merasa tidak puas, terluka, atau dikhianati, maka putus mungkin satu-satunya cara untuk mengakhiri pola hubungan tersebut.

Komunikasikan perasaan frustrasi anda.

Sebelum Anda memutuskan untuk bicara,” anda harus membiarkan pasangan tahu apa yang mengganggu anda dan memberi mereka kesempatan untuk membuat perubahan yang lebih baik. Jika pada akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hubungan, maka tidak akan tampak mendadak karena anda  sudah menyuarakan rasa frustrasi anda, dan anda akan memberikan pasangan kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik.

Jika pasangan telah berselingkuh atau anda dirugikan dalam beberapa hal, anda dapat memutuskan untuk melewatkan langkah ini dan langsung putus.

Berikan limit waktu untuk menunggu terjadinya perubahan.

Bisa saja anda memberitahu pasangan mengenai limit waktu yang anda berikan, dan mengeluarkan ultimatum” dengan mengatakan Jika Anda berhenti merokok sampai dengan bulan depan, kita bisa tinggal bersama-sama“, cara ini memang agak manipulatif dan dapat menyebabkan pasangan anda setuju dalam jangka pendek sebelum kembali ke cara lama dalam waktu dekat. Apa yang terjadi jika pasangan Anda mulai merokok lagi tahun depan? Kamulah satu-satunya yang dapat memutuskan.

Merencanakan percakapan mengenai perpisahan itu sendiri.

Jika Anda akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hubungan, putuskan kapan, di mana, dan untuk berapa lama pembicaraan akan berlangsung. Jika Anda telah membuat keputusan untuk putus, itu adalah demi kepentingan terbaik untuk mewujudkannya secepat mungkin, dan tanpa rasa sakit yang lebih dalam. Anda dapat menghabiskan setidaknya satu jam perbincangan putus ini, dan lebih lama jika hubungan berlangsung satu tahun atau lebih

Pilih lokasi yang tepat untuk berbicara.
Biasanya, Anda akan ingin memiliki percakapan yang pribadi untuk menghindari kejadian memalukan di depan orang lain. Pilih tempat dimana anda akan dapat dengan mudah pergi, seperti di tempat/rumah pasangan, dengan begitu anda bisa menjadi orang yang memutuskan kapan untuk pergi.Jika Anda merasa tidak aman dengan pasangan Anda, Anda perlu bertemu di tempat umum atau membawa back-up. Jangan mencoba pergi sendirian untuk menghindari pasangan anda melakukan kekerasan fisik.

Jika anda hidup bersama, putus akan sangat bermasalah dan rumit. Anda dapat memindahkan semua barang-barang anda saat pasangan tidak ada di rumah dan kemudian putus ketika ia kembali ke rumah, atau putus dan tinggalkan barang-barang anda, dengan maksud untuk kembali ketika suasana sudah mereda. Either way, segera keluar dan pindah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>