Penelitian: lelaki tertarik dengan perempuan yang menyerupai ibunya

By  |  0 Comments

Sebuah penelitian  yang dilakukan di Finlandia menunjukkan istri atau kekasih dari kebanyakan lelaki ternyata memiliki beberapa kemiripan dengan ibunya.

Dalam studi tersebut, para peneliti merekrut 70 lelaki dan perempuan untuk membandingkan wajah setiap pasangannya. Hasilnya benar-benar menakjubkan.

Pada responden perempuan, suaminya tak mirip dengan ayahnya, tapi pada responden lelaki, pasangan perempuannya menyerupai ibu mereka.

“Tak ada yang aneh bila lelaki tertarik dengan perempuan yang menyerupai ibunya,” kata Psikolog di University of Turku, Urszula Marcinkowska, Ph.D.

Marcinkowska mengatakan, evolusi dan seleksi alam telah diprogram agar lelaki mencari pasangan yang datang dari kelompok spesies yang sama. Dan karena sejak kecil, lelaki paling dekat dengan ibu, makan perempuan tersebut menjadi template yang dicari lelaki.

Sedangkan untuk ayah, tak peduli seberapa besar dedikasinya dan kehadirannya, ternyata tak membuat anak perempuan menjadikan ayah sebagai template dalam mencari pasangan.

Namun, kemiripan dengan ibu tak sekadar dalam wajahnya. Michael Kimmel, Ph.D., seorang Sosiolog SUNY menjelaskan, Sigmund Freud mengungkapkan ide dari Oedipus Complex bahwa hubungan dengan ibu berperan besar dalam seberapa baik lelaki terhubung dengan perempuan di kemudian hari.

“Dasar terbaik dalam romantika yang sehat berhubungan dengan kedekatan dan rasa sayang yang terjalin antara ibu dan putranya,” kata Kimmel.

Namun, bila seorang lelaki memiliki hubungan keras dengan ibu yang begitu jauh dan mengabaikan, tanpa disadari si lelaki mencari perempuan yang sama untuk pasangannya. Mengapa?

“Karena Anda mencoba memperbaiki hubungan ibu dan anak yang rusak,” kata William Pollack, Ph.D, dari Cambridge Health Alliance and Harvard Medical School.

Ia menyarankan, agar lelaki untuk mencari pola romantis dalam hubungan Anda bersama pasangan, dan membandingkannya dengan hubungan Anda dengan ibu Anda. Jika Anda tetap melihat kesamaan dan kegagalan, itu berarti sudah saatnya untuk mulai mencari pasangam dengan tipe yang berbeda. “Tentunya yang tidak menyerupai ibu Anda,” jelas Pollack. (Menshealth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>