7 Alasan Mengapa Empati Sangat Penting Dalam Suatu Hubungan

By  |  0 Comments

Empati adalah salah satu kemampuan paling penting untuk membantu seseorang memahami satu sama lain. Jadi mengapa empati itu penting dalam suatu hubungan?

Jadi apa sebenarnya empati? Empati adalah kemampuan seseorang untuk terhubung dan memahami perasaan orang lain, serta menempatkan diri pada posisi orang lain dalam suatu kondisi. Empati sangat penting untuk membangun hubungan yang langgeng dengan orang lain. Dan tentu saja orang yang paling penting untuk mendapatkan empati dari anda adalah pasangan anda sendiri. 
Berikut ini adalah 7 alasan mengapa empati sangat penting dalam suatu hubungan, dan mengapa anda harus berlatih untuk berempati.
1. Menjembatani perbedaan. Perkelahian sering pecah antara pasangan karena mereka tidak bisa memandang dan menyikapi satu masalah dengan seirama pada hal-hal tertentu. Apakah itu sesuatu yang besar seperti memutuskan apakah akan memiliki anak, atau sesuatu yang kecil seperti mencari tahu menu apa untuk makan malam. Tempatkan diri anda sesekali pada posisi pasangan, untuk menjembatani kesenjangan dan perbedaan yang dapat memicu pertengkaran.
2. Memberikan hal yang positif. Ketika bisa berempati dengan pasangan, anda akan mengeluarkan hal positif tidak hanya di dalam diri kamu, tetapi juga pasangan. Memahami perilaku anda mencintai seseorang dan bagaimana mereka memiliki tantangan hidup akan memberikan akses penuh ke dalam dunia mereka. Hal ini pasti akan membawa perubahan positif bagi kedua belah pihak.
3. Saling memberi perhatian. Ketika anda belajar untuk berempati dengan kekasih anda, anda akan menghujaninya dengan perhatian dan cinta yang berlimpah. Bila anda menempatkan diri pada posisi pasangan, maka anda akan tahu apakah anda menyesakkan mereka dengan terlalu banyak kasih sayang atau bahkan tidak memberikan cukup waktu disisihkan untuk mereka. Empati akan memberikan firasat ke dalam kehidupan anda dan sebaliknya.
4. Menerapkan Cinta Kasih. Melihat dunia melalui mata orang lain pasti akan memberikan kita kemampuan luar biasa untuk menjadi orang yang lebih penuh cinta kasih. Ketika anda dapat terhubung dengan pasangan dan melihat sendiri apa yang mereka lalui setiap hari, anda akan memahami mereka. Hal ini, pada gilirannya, akan memberikan wawasan tentang bagaimana membuat dunia dan kebersamaan anda dengan pasangan anda menjadi lebih baik.
5. Berjalan dengan sepatu orang lain. Empati adalah semua hal tentang bagaimana berjalan dengan menggunakan sepatu orang lain. Anda akan dapat mengerti mengapa dan bagaimana orang lain itu berperilaku dengan cara yang mereka lakukan, dan dapat memahami apa yang mereka lalui.
6. Mengajarkan kesabaran. Empati tidak dapat dipungkiri akan mengajarkan kedua belah pihak satu atau dua hal tentang kesabaran. Alih-alih kehilangan kesabaran Anda dan mengambil hal-hal dengan cara yang salah, Anda dapat memilih untuk bereaksi dan memahami dengan cara yang tenang dengan melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain.
7. Menutupi kekurangan masing-masing. Alasan lain mengapa empati sangat penting dalam sebuah hubungan adalah karena mengajarkan kedua belah pihak bahwa segala sesuatu bukan hanya tentang diri mereka sendiri. Ada dua sisi untuk segala sesuatu dan berada di sebuah hubungan tidak berbeda. Bila Anda berempati dengan pasangan Anda, Anda akan dapat melihat mengapa mereka merasa jengkel atau marah dengan Anda. Hal ini dapat membawa apa-apa selain perubahan positif, seperti melihat cara Anda berperilaku melalui mata mereka akan meminta Anda untuk bekerja pada kekurangan Anda dan menjadi orang yang lebih baik bagi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>